Minggu, 13 Oktober 2013

Sekilas Tentang Batuan

 Berdasarkan ilmu yang pernah saya tuntut di sekolah, batuan adalah agregat yang terbentuk dari beberapa mineral. Sedangkan Mineral adalah suatu zat ( fasa ) padat yang terdiri dari unsur atau persenyawaan kimia yang dibentuk secara alamiah oleh proses-proses anorganik, mempunyai sifat-sifat kimia dan fisika tertentu dan mempunyai penempatan atom-atom secara beraturan di dalamnya, atau dikenal sebagai struktur kristal.
Ilmu yang mempelajari mengenai batuan adalah PETROLOGI dan ilmu yang mempelajari tentang mineral adalah MINERALOGI & KRISTALISASI
Secara umum, batuan terbagi menjadi tiga, yaitu :
1.    Batuan beku (igneous rock) : batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral dan terbentuk akibat pembekuan dari magma.Contohnya adalah : Andesit, Granit, Gabro, Basalt, dll.

2.    Batuan Sediment (sediment rock) :
adalah batuan yang terbentuk akibat proses pembatuan atau lithifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian tertransportasi dan seterusnya terendapkan. Contohnya adalah : Batupasir, Lempung, konglomerat, batugamping (batu kapur),dll.



3.    Batuan Metamorf (metamorphic rock) : batuan yang terbentuk akibat proses perubahan temperature dan/atau tekanan dari batuan yang telah ada sebelumnya. Akibat bertambahnya temperature dan/atau tekanan, batuan sebelumnya akan berubah tektur dan strukturnya sehingga membentuk batuan baru dengan tekstur dan struktur yang baru pula. Contohnya : batu marmer, Slate, kuarsit, dll.

Dan ketiga jenis batuan di atas adalah penyusun dari lapisan-lapisan  bumi mulai dari kerak bumi sampai inti bumi.

 

Siklus batuan dimulai dari magma yang mengalami pendinginan dan menjadi Batuan Beku, setelah itu Batuan Beku mengalami pelapukan dan berubah menjadi material-material sedimen, material sedimen tersebut mengalami lithifikasi menjadi Batuan Sedimen, sementara itu jika Batuan Beku dan Batuan sedimen jika mendapatkan tekanan dan suhu yang tinggi akan berubah menjadi Batuan Metamorf. Batuan Metamorf dan Batuan sedimen akan berubah menjadi material sedimen jika mengalami pelapukan, dan khusus untuk batuan metamorf akan kembali menjadi magma, jika mengalami peleburan.

Nah...sudah ada gambarankan sekarang mengenai batuan. Lalu apa sih batu alam itu????. Menurut saya sih batu alam itu adalah batuan yang berada di sekitar kita yang memiliki keunikan tersendiri dari mulai bentuk, warna, tekstur, kekerasan dan lain sebagainya, kemudian batuan tersebut disusun secara rapi atau dibentuk sedemikian rupa sehingga memberikan nilai seni yang bagus.








*) Untuk informasi pemesanan produk silahkan kontak : 087713227369 (call, sms, whatsApp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar